BAB I Ilmu Sosial Dasar Sebagai Mata Kuliah Dasar Umum

BAB I

ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM

A.    PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi dan psikologi.

B.     STUDI KASUS

 Tak Perlu Malu Hadapi Busung Lapar

Kasus busung lapar tiba-tiba menarik perhatiandan membuat kaget seluruh elemen masyarakat. Di tengah maraknya berbagai kasus korupsi, di mana pelakumnya hidup bermewah-mewah di luar batas kewajaran, ternyata masyarakat lainnya masih kesulitan memperoleh makanan bergizi karena tidak mampu membeli.

Munculnya kasus busung lapar di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memang mengejutkan, karena selama ini NTB dikenal sebagai lumbung beras nasional. Setelah kasus ini diangkat ke permukaan dan menjadi perhatian nasional, gubernur NTB kaget karena di daerahnya ditemukan kasus busung lapar.

Sebenarnya, kasus busung lapar biasa diatasi bila setiap daerah  tidak menganggap remeh persoalan kesejahteraan masyarakatnya. Pembangunan ekonomi saat ini lebih menitikberatkan terhadap pembangunan fisik semata, seperti pembangunan jalan tol dan pembangunan pusat-pusat perbelanjaan dengan menggusur masyarakat miskin. Akibatnya, masyarakat miskin yang seharusnya mendapatkan perhatian pemerintah justru makin terpinggirkan. Rata-rata penghasilan orang tua yang anaknya menderita busung lapar masih dibawah standar. Penghasilan mereka sangat tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sehingga timbul busung lapar.

Saat  ini, selain di NTB kasus burung lapar juga ditemui di beberapa daerah lain, seperti NTT, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Ironis sekali memang, selain sebagai pusat perekonomian dan industri, di Jakarta juga masih banyak ditemui kasus busung lapar dan gizi buruk.

Sebaiknya pemerintah pusat dan daerah tidak perlu malu mengungkap kasus busung lapar. Fakta tidak perlu ditutup-tutupi. Dengan dibukanya kasus ini secara gamblang, pemerintah pusat justru memperoleh gambaran lebih lengkap sehingga bias mengambil kebijakan untuk mengatasinya .

Kasus busung lapar di berbagai daerah memberikan gambaran bahwa program-program yang menyangkut kesejahteraan rakyat di masa lalu yang pernah berjalan baik , ternyata saat ini tidak lagi dilakukan secara kontinu. Pemerintah pun menyadari sehingga program PKK, pekan imunisasi nasional, dan apotek hidup akan kembali diaktifkan. Dalam mengatasi busung lapar, keberadaan posyandu sangatlah penting untuk memantau kondisi balita setiap bulan.

(Sumber: Kompas Cyber Media)

Nama         : Anggi Permata Dewi

NPM         : 10111887

Kelas         : 1 KA 32

Opini         : Opini saya dari wacana study kasus tersebut sebaiknya pemerintah lebih tegas dalam memperhatikan keadaan penduduknya, di manapun mereka berada. Sejauh ini pemerintah hanyalah memperhatikan dari segi minimum saja, dan tidak  memperhatikan dalam jangkauan luas, sehingga banyak korban busung lapar di Negara kita ini. Keadaan seperti inilah yang membuat banyak warga negara Indonesia yang menderita busung lapar. Rasa kepedulian  haruslah di tanamkan dalam diri kita sendini mungkin, agar bangsa ini bebas dari busung lapar.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s